MENGKAJI ULANG SISTEM YANG SUDAH BERJALAN

Posted: Desember 11, 2008 by Andi Herman in SIKDA, Uncategorized
Tag:, , , , ,

HMISBerdasarkan artikel WHO yang ditulis oleh Dr Ophelia Mendoza, WHO Consultant, and Dr Y.C. Chong, Regional Adviser in Health Information, Regional Office for the Western Pacific, dengan judul Developing health management information systems: a practical guide fodeveloping countries. Ada prinsip yang harus diperhatikan dalam mengkaji ulang system yang sudah berjalan yaitu “Jangan menghancurkan sistem yang sedang berjalan, tingkatkan kelebihan-kelebihan dan pelajari kelemahan dari sistem yang ada tersebut“.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1.      Buat suatu formulir pengelompokan, buku harian dan alat-alat lain yang digunakan untuk merekam dan meringkas data pada tingkat yang berbeda.

2.      Lakukan penilaian mutu data tersebut yang sedang dikumpulkan dengan menggunakan formulir-formulir yang berbeda pada tiap tingkatan. Diantara aspek tersebut termasuk didalamnya penilaian mengenai :

  • Ketelitian (Accuracy)
  • Kelengkapan (Completeness)
  • Ketercukupan (Adequacy)
  • Ketepatan Waktu (Timeliness)

3.      Tentukan permasalahan yang ditemukan pada sistem pengumpulan data pada tingkat yang bebeda, termasuk periode waktu dan alur infromasinya.

4.      Tentukan status yang ada dari komponen-komponen yang lain dari HMIS seperti :

  • Pengolahan data
  • Analisis data
  • Penyebaran data
  • Penyediaan dan logistic
  • Pengembangan Staf
  • Koordinasi, kerjasama dan komunikasi didalam atau diantara unit-unit yang berbeda di Departemen Kesehatan, dan juga pihak-pihak terkait diluar Departemen Kesehatan.

5.     Lakukan identifikasi  aspek dari sistem apakah :

  • Dipertahankan
  • Dirubah
  • Dihapuskan

6.      Buat ringkasan hasil-hasil penilaian dalam bentuk laporan yang formal.

7.      Diskusikan hasil-hasil penilaian tersebut kepada pejabat yang terkait atau berwewenang.

Ada beberapa isu penting yang masih harus dipikirkan dalam mengkaji ulang system informasi yang telah berjalan diantaranya adalah :

1.      Siapa yang mempunyai wewenang untuk membuat penilaian?

2.      Ketersediaan tenaga ahli teknis dan sumber daya untuk melakukan penilaian.

3.      Kerjasama di antara unit-unit yang berbeda di dalam proses penilaian; keterlibatan dari end-users pada semua tingkat.

4.      Pembentukan suatu badan (idealnya panitia lintas sektor)bertugas membuat perencanaan, monitoring dan mengurus semua tahap pengembangan HMIS, dari tahap pengkajian awal sampai dengan evaluasi.

Posted by : Andi Herman

Komentar
  1. bashaumein mengatakan:

    Dalam konteksnya di Indonesia, penekanannya lebih dititk beratkan pada “komunikasi, koordinasi, kerjasama unit-unit yang terkait”. Menurut saya jangan dulu mengobok-obok sistemnya, pikirkan dulu komitmen unit-unit untuk bisa berkomunikasi, berkoordinasi, dan bekerjasama. Kalau sistem terus dievaluasi, kemudian dirubah, pada hal mungkin yang nggak benar itu “man” yang terus bertahan dengan pola lama. Sebagai contoh, kita punya banyak sistem seperti : SP2TP, SIMPUS, SIKNAS/SIKDA. Bukan sistem tersebut yang salah, tapi manusia yang nggak benar.

  2. ihsanalif mengatakan:

    Apakah dengan pembentukan suatu badan justru merubah semua sistem yang sudah berjalan?kalau memang memungkinkan untuk dibentuk suatu badan, bagaimana dengan cost/biayanya?bagaimana dengan kewenangan yang dimiliki oleh badan yang akan dibentuk tersebut?

  3. tuty Novitasari.M mengatakan:

    Dengan TimbulNya masalah-masalah tersebut, saya menganjurkan Para pekerja disana khusunya tenaga kesehatan harus bekerja dengan prinsip “SUPER TIM”, yang harus ada kesinambungan satu sama lain.
    Terlebih khususNya di daerah tersebut pekerjaan yang di lakukuan harus sesuai dengan bidangNya. Tenaga kesehatan Masyarakat khusunya harus lebih di perbanyak lagi.
    Lalu jika dalam perencanaan yang telah di buat tentang kesehatan Mandeg ato macet, maka lakukanlah evaluasi dari indentifikasi masalahNya, prioritas masalah, perencanaan dan pelaksanaanNya hingga akhir.^_^ begitulah usulan saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s