Pertanyaan “Menggelitik” Seputar Pengumpulan Data

Posted: Desember 12, 2008 by Andi Herman in Uncategorized
Tag:,

BingungAda pertanyaan yang sedikit menggelitik dan mengganggu dari pikiran dan hati penulis mengenai pengumpulan data, pertanyaan tersebut sebenarnya mungkin juga ada dibenak pembaca, pertanyaan tersebut adalah :

  1. Dalam pengumpulan data di Puskesmas (mungkin ada beberapa yang menerapkan cara seperti ini), ketika petugas ingin mencairkan gaji harus memberikan bukti bahwa telah menyetor beberapa data yang telah diminta. Pertanyaannya apakah hal tersebut etis atau tidak??? Menyalahi Prosedur atau tidak???
  2. Sering sekali penulis meminta atau ketika ingin mengumpulkan data ke berbagai instansi menemukan hambatan dalam pengumpulan, hal yang aneh menurut penulis adalah adanya instansi ketika kita ingin mengakses data tersebut harus mengeluarkan biaya walaupun penulis telah memegang surat ijin dari instansi pemerintah diwilayah tersebut. Padahal seperti kita ketahui bahwa pengumpulan data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan dana yang berasal dari pajak rakyat yang seharusnya berhak diakses semua orang dengan tujuan penelitian. bagaimana menurut pembaca??? Kembali dari sudut pandang etis???

Mungkin itu saja pertanyaan yang mungkin kita dapat diskusikan bersama-sama untuk mencari solusi bukan kesalahan dari instansi yang telah melakukan kegiatan tersebut.

Posted by : Andi Herman

Komentar
  1. Albar G mengatakan:

    …ketika petugas ingin mencairkan gaji harus memberikan bukti bahwa telah menyetor beberapa data yang telah diminta. Pertanyaannya apakah hal tersebut etis atau tidak?….
    Ini sepertinya masalah keseimbangan antara hak dan kewajiban. Kita punya hak untuk mendapat gaji, tapi juga wajib melaksanakan pekerjaan yang menjadi tugas kita. Hal ini yang dimanfaatkan oleh satu instansi untuk ‘memaksa’ agar petugas melaksanakan pekerjaan dan menyampaikan laporan kegiatan dengan tepat waktu. Dalam iklim kerja yang masih belum bagus, hal ini justru dapat berakibat laporan dibuat dengan seadanya. Tapi jika dilaksanakan dengan konsekuen, tentu dapat menjamin pengumpulan data secara teratur. Etis atau tidak? Ini hal yang agak relatif ….. ;p

  2. Fahrisal Akbar mengatakan:

    Gua suka gaya loe….!!!!

    Nampaknya gua setuju tuch….ama pendapatnya pak dokter komputer alias pak albar gani…

    Hal semacam ini nampaknya memang perlu diterapkan pada beberapa bidang yang petugasnya agak sedikit bandel dan malas dalam melaksanakan kegiatannya sehari….
    Dengan demikian pimpinan akan dapat mengotrol kinerja dari anak buah kesemuanya….

    Tapi dalam tanda kutip bahwa, hal ini tidak perlu diterapkan pada semua bidang yang telah mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar….karena akan berdampak pada para petugas lainnya…mereka akan merasa bahwa adanya ketidakpercayaan dari pimpinan kepada bawahan dengan berbagai macam tugas2 yang telah mereka kerjakan dengan baik dan benar…

    Itu semuanya seh, tergantung dari Policy dari Leadershipnya sih….
    He….

    Regards
    Fahrisal Akbar
    FKM UNMUHA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s