Hasil Latihan Penilaian Sistem Informasi Kesehatan dengan menggunakan Health Metrics Network (HMN) Versi 4.00

Posted: Desember 22, 2008 by Rizka Licia in SIKDA
Tag:, , , , ,

Berdasarkan hasil penilaian yang kami lakukan, masing-masing anggota kelompok yang berjumlah 4 (empat) orang, dengan mengisi formulir Health Metrics Network (HMN) yang didalamnya menguraikan 6 (enam) komponen dari sistem informasi Kesehatan berdasarkan pengetahuan masing-masing maka didapatkan hasil sebagai berikut :

1. SUMBER DAYAResource

Resources

Bila dilihat dari tabel Sumber Daya (Resources) secara keseluruhan pelaksanaan sistem Informasi dapat disajikan tetapi belum mencukupi, terutama mengenai kebijakan, perencanaan, sumber daya manusia (SDM) serta pembiayaannya.

2. INDIKATOR-INDIKATOR

indicatorsIndikator yang dinilai tidak hanya Sistem Informasi Kesehatan tetapi berkaitan dengan Sistem Informasi bidang lainnya, indikator inti yang diperlukan untuk menilai perubahan terdapat tiga aspek utama yaitu; Faktor penentu kesehatan, Sistem Kesehatan, dan Status kesehatan, dengan hasil penilaian mencukupi dalam pelaksanaannya tetapi masih perlu ditingkatkan.

3. SUMBER DATA

Data Sources

Data Sources

Penilaian disini dilakukan dengan menilai Sumber data Sistem Informasi Kesehatan yang diperoleh dari ; sensus, angka statistik kependudukan, survey pada populasi, Pencatatan kesakitan dan penyakit meliputi sistem pengawasan penyakit, catatan penyedia pelayanan kesehatan, dan sumber daya untuk melakukan pencatatan meliputi infrastruktur dan pelayanan kesehatan, sumber daya manusia (SDM), pembiayaan dan pengeluaran untuk pelayanan kesehatan, dan perlengkapan, persedian serta uang. maka dapat dinilai bahwa Sumber data yang ada dapat disajikan tetapi belum cukup mewakili semua data yang ada, terutama mengenai isi dari sumber data populasi berdasarkan survey.

4. MANAJEMEN DATA

Data ManagementPenilaian mengenai Manajemen data dengan melihat mengenai penyimpanan data, kepastian mutu data, pengolahan dan pengumpulan data. Hasil penilainnya Manajemen data dapat disajikan tetapi belum cukup konsisten, dipercaya dan relevan.

5. HASIL-HASIL INFORMASI

Information products

Penilaian dari Informasi yang dihasilkan yaitu mengenai perubahan data menjadi informasi sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan informasi yang dihasilkan dapat dijadikan alat untuk pengambilan keputusan hanya perlu ditingkatkan lagi.

6. PENYEBARAN DAN PENGGUNAAN DATA

Dissemination and Use

Penilaian dari penyebaran dan penggunaan data dilihat dari aspek penggunaan informasi dalam pengambilan keputusan serta penggunaan dan permintaan informasi secara kelembagaan mencukupi dan perlu ditingkatkan lagi terutama penggunaan dalam analisa informasi serta penggunaan dalam kebijakan dan advokasi.

KESIMPULAN

Overall HIS

Tabel Keseluruhan HIS

Secara keseluruhan komponen Sistem Informasi Kesehatan berjalan cukup baik hanya saja belum mencukupi dari segi Masukan (Inputs) yaitu sumber daya (50%) dan dari segi Proses (Processes) yaitu manajemen data (48%) dan khususnya sumber data (43%) sedangkan dari segi Keluaran (outputs) yaitu dari informasi yang dihasilakan (57%) dan penyebaran serta penggunanaan data dalam pengambilan kebijakan  sangat tinggi (69%).

REKOMENDASI

Berdasarkan hasil penilaian yang kami lakukan dengan masing-masing komponen Sistem Informasi kesehatan diatas maka kami merekomendasikan :

  1. Dari segi Masukan (Inputs) yang masih belum mencukupi terutama Sumber daya manusia, pembiayaan serta perencanaan dan kebijakan, maka perlu adanya Master Plan Pengembangan dan Kebijakan yang mendukung pelaksanaan Sistem Informasi Kesehatan.
  2. Dari segi proses (Processes) juga masih belum mencukupi khususnya mengenai sumber data, maka perlu ada peningkatan dalam kapasitas dan praktek dari 6 (enam) komponen sumber data.

Team :
Anton Ferri, Rizka Licia, Syamsul Ihsan, and Andi Herman

Komentar
  1. anis mengatakan:

    Bagus……Kira-kira, apa kesimpulan dan rekomendasinya?

  2. Chandra Saja mengatakan:

    jadi ingat waktu kuliah dulu, kapan bisa belajar hmn lagi ya …

  3. anis mengatakan:

    mas Chandra, dipake aja toolsnya utk assessment SIK di Sulteng. Bisa buat iseng2 kegiatan tahun 2009. Kalau pas ada acara, bagi saja kuesioner, terus isi bareng-bareng…

  4. Rizka Licia mengatakan:

    Wach.. memang beda toolsx ma yang diajarin dulu y???
    Mungkin bisa di Kombinasikan atau di evaluasi antara tools yang dulu ma sekarang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s