Netbook?…. Mengapa Tidak?

Posted: Januari 8, 2009 by Admin Blog in Uncategorized

Waktu kuliah S2 saya sudah dimulai saya sempat berpikir untuk membeli notebook baru dengan spesifikasi lebih tinggi dari yang sekarang saya miliki. Saya pikir saya perlu notebook dengan spek lebih tinggi kareana saya akan belajar beberapa aplikasi komputer yang memerlukan prosesor yang mumpuni serta kartu grafis yang dapat menampilkan gambar yang bagus. Notebook lama dapat dipakai istri saya untuk mengajar. Tapi apa daya ketika sejumlah uang telah tersedia, dolar terus merangkak naik, bahkan mencapai Rp.13.000,- sehingga harga notebook naik cukup signifikan. Awalnya saya tertarik dengan HP Compaq CQ40 116 TU dengan harga sekitar 7 jutaan, tetapi kemudian naik menjadi 8 jutaan. Ini membuat saya berpikir lagi karena uang yang tersedia tidak mencukupi. Akhirnya saya berpikir mencari alternatif sampai pada sebuah keputusan untuk membeli sebuah netbook.

Apa itu netbook?… Menurut referensi di beberapa website yang saya kunjungi, saya mengambil kesimpulan bahwa netbook adalah komputer portable dengan bobot ringan, mudah dibawa, digunakan untuk keperluan yang ringan-ringan, tidak cocok sebagai komputer utama. Setelah dipikir-pikir netbook sebenarnya sudah sesuai dengan kebutuhan. Rencananya saya tetap pakai netbook lama, netbook ini digunakan untuk keperluan istri saya mengajar.

Selanjutnya saya membandingkan beberapa netbook dan ketika melihat axioo pico untuk pertama kali saya langsung jatuh cinta dengan bentuknya yang mungil dan warnanya yang putih. Jujur saja, saya suka yang mungil dan yang putih…. Sebelumnya juga saya membelikan sebuah handphone nokia 6120 classic berwarna silky white dan mungil dengan kemampuan yang cukup memadai untuk sebuah HP mungil.

Netbook inipun cukup mungil dengan berat sekitar 1,2 kg dan berwarna putih. Cukup menarik biat saya dan istri saya pun suka. Netbook ini akan dipakai untuk membuat materi kuliah dengan program office, presentasi dengan powerpoint, browsing, chatting dengan YM dan mendengarkan musik atau menonton film. Jadi “bussiness process” istri saya tidak memerlukan notebook dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Rasanya netbook ini sudah cukup. Dari beberapa review yang saya baca dari beberapa website, saya mengambil kesimpulan netbook ini cukup baik dan handal. Hanya saja memang saat setelah digunakan beberapa lama, touch pad nya terasa panas, mungkin distribusi panasnya kurang merata, tapi akhirnya saya akali dengan menggunakan cooling pad. Dan bekerja lama menggunakan netbook pun jadi  nyaman.

SPESIFIKASI Axioo Pico DJM616A
Prosesor: Intel Atom N270 1,6GHz
RAM: DDR2 1GB (maksimal 2GB)
Chipset: Intel Mobile 945GME
Kartu grafis: Intel GMA 950 (onboard)
Kartu suara: Realtek HD Audio
Harddisk: SATA 160GB, 5400rpm
Optical drive: Tidak ada
Fasilitas: LAN, Wi-Fi b/g, Bluetooth V2.0+EDR, card reader (SD,
SDHC, MMC), 3 USB, Webcam 1,3 megapixel
Layar: Wide LCD 10,2”, 1024×600 pixel, backlight
Sistem Operasi: Windows XP Home Edition
Batere: Li-Ion 11,1V 2200mAh, 3-cell
Dimensi: 26x18x (2,6-3) cm
Bobot: 1,15 kg (dengan batere standar)

Garansi: 1 tahun

Review lengkapnya dapat anda baca di sini.

By : Arif WR

by Arif  WR

Komentar
  1. persagintb mengatakan:

    Tulisan yang bagus. Ada klarifikasi tentang pengertian netbook sama note book itu memang beda. Namanya aja net book jadi fungsi utamanya adalah sebagai alat untuk nge”net”., biasanya memang bentuknya portabel dengan harga yang mudah dijangkau. Contoh process-nya Intel Atom yang memiliki quality di bawah Celleron. Sedangkan kalau notebok lebih banyak difungsikan untuk pengolahan data baik grafis maupun non grafis selain fungsi nge”net” dan memiliki spec yang relatif lebih tinggi serta cukup “berbobot” (berat weight-nya). Agar kita tidak salah menyebut apakah yang kita punya itu netbook atau notebook… :)???:

  2. Chandra Saja mengatakan:

    ehm … numpang lewat ..

  3. hartono mengatakan:

    o0oo0o ngaten too..

  4. adde mengatakan:

    Wah, artikelnya berguna sekali buat saya, tugas saya bisa di selesaikan sekarang.
    Terima kasih Pak.

Tinggalkan Balasan

