TIPS PENCARIAN DOKUMEN REKAM MEDIS SALAH LETAK ( MISFILED)

Posted: Januari 16, 2009 by Admin Blog in Uncategorized

Kalau ini sih untuk teman-teman di rekam medis pada pelayanan kesehatan yang masih menggunakan dokumen rekam medis manual, bisa rumah sakit, Puskesmas atau sarana pelayanan kesehatan lain yang memakai system penyimpanan dengan nomor.Kasus misfiled merupakan beban berat yang disandang oleh praktisi rekam medis karena berpengaruh terhadap asuhan kesehatan pasien. Kondisi petugas yang lelah karena bebabn kerja tinggi , mengantuk, maupun petugas sembrono merupakan hal yang paling sering dijumpai di lapangan, belum lagi apabila tempat penyimpanan sudah berjubel, bisa membuat “Capek deh” Tetapi sebelum menyerahkan permasalahan ini kepada“Yang maha Kuasa”  Berikut berbagai teknik yang dapat dilakukan apabila dokumen rekam medis yang dicari diyakini misfiled yang kami dapat dari terori maupun pengalaman di lapangan.

1.       Cari posisi di masing-masing set angka 2 digit, misalnya, nomor 50-37-82 bisa terarsipkan sebagai 50-37-28 atau 50-73-82.

2.        Dokumen rekam medis hilang salah satunya dengan nomor ‘3’ bisa di tempat”5” atau”8” karena angka ini mirip, dan nomor ‘7’ atau ‘8’ pada angka 9 terutama kalau map foldernya rusak.

3.       Periksa pada nomor-nomor tertentu pada kelompok ratusan yang mendahului atau mengikuti nomor tersebut, misalnya 485 dicari pada angka 385 atau 585 atau angka lain dengan kombinasi yang serupa.

4.       Periksa transposisi angka pertama dan terakhir.

5.       Periksa dokumen rekam medis persis sebelum atau sesudah nomor yang diperlukan. Kadang-kadang dokumen rekam medis menyelip ke folder dokumen lain.

6.       Periksa rak persis di atas atau di bawah catatan yang mestinya ditemukan, karena “distraksi” pada waktu pengarsipan bisa menyebabkan salah letak.

7.       Nah…yang ini alternatif sekali. Pada saat filing kadang petugas secara tidak sadar memasukkan dua dokumen sekaligus pada satu tempat. Pada kasus seperti ini, cek tanggal pasien terakhir periksa dan perkiraan dokumen dikembalikan. Identifikasikan satu digit nomor terakhir yang periksa pada tanggal tersebut, selanjutnya cek pada rak.

8.       Cara gambling dapat dilakukan apabila kita yakin dokumen rekam medis telah tebal karena beberapa kali menjalani rawat inap. Cara yang dapat dilakukan adalah menyisir dan mengecak dokumen yang terlihat tebal.

Pada banyak kasus, alternative no 7 dan 8  ini cukup membantu. Hindarkan menunggu mimpi mendapat wangsit karena itu sama saja menunggu yang tak pasti.

Oke…Selamat mencoba…..

 

By.Yoyok-SIMKES-UGM2008,NonReg

Sumber: HIM, Erna K Huffman, ditambah pengalaman di rekam medis selama 6 tahun.

 

Komentar
  1. arif wr mengatakan:

    Pa ceritain dong proses peralihan rekam medik dari yang konvensional ke yang ‘paperless’, lalu bagaimana dengan dokumentasi keperawatannya, apa sudah dikonversi juga?

  2. hasan mengatakan:

    Pa, saya seorang mahasiswa rekam medis smster akhir yg sedang menyusun TA dengan judul yg berkaitan dgn MISFILE….
    saya membutuhkn pengertian Misfile secara lengkap, n mungkin BPK bs paparkan secara detail lg tips2 yg bpk ketahui selama bekerja n kuliah tentang misfile selain yang bpk uda paparkan diatas…
    sebelum sy mengucapkn trimakasih krn merasa terbantu dgn artikel bpk ni…

  3. Andi Herman mengatakan:

    Wach saya orgx g ngerti banget ttg Rekam Medis
    Cuman dulux sering ngisi Askepx Doank…
    Selebihnya Urusan org bagian RM🙂
    Mo nanya ney Pak Yoyo No. RM apakah formatx dah generik utk smua RS?!?!
    Truz gmn nyari “miswife” not “Misfile” (yang ney tentunya pasti dari pengalaman g ad teorix)🙂

  4. yoyok mengatakan:

    terima kasih atas komentarnya. permintaan bapak2 segera saya up load minggu depan, beserta tulisan topik sekitar rekam medis dan informasi kesehatan.

  5. antok mengatakan:

    BOS…nulis yang lain lagi ya…tentang sistem informasi kesehatan yang berhubungan dengan pencatatan pelaporan di rumah sakit.

  6. rina mengatakan:

    pak saya seorang mahasiswa ank Ilmu Perpusatkaan & Informasi.
    kebetulan saya sedang menyusun skripsi mengenai efektivitas sistem temu kembali rekam medis.
    saya mau nanya neh pak, bgmana ya menurut bapak sistem temu kembal rekam medis yang dikatakan efektif?
    terimakasih sblumnya……..

  7. yoyok mengatakan:

    Mungkin yang anda maksud adalah pada proses retrieval ?.Baik mbak Rina. Kalau sekedar konsultasi bisa lewat email saya: yoyok_tebon@yahoo.com.

  8. toto gepeng mengatakan:

    pak yoyok met malam masih inhgat toto anak rm ama angkatan 2006 gak??? pak mau tanya cara penghitungan beban kerja rm yang mudah

  9. umi werdikesni mengatakan:

    ada artikel tentang tracer gak ya bapak’e???

  10. icha mengatakan:

    Pak, boleh saya tau tentang fasilitas penyimpanan rekam medis serta pengertian dari retrieval….untuk materi lap.magang….trims utk bantuannya pak…

  11. fella mengatakan:

    pak mau nanya tentang misfile dong, pengertian misfile secara terperinci pak??

  12. sri satriani, S.Kep mengatakan:

    tolong sy dikasi daftar RS yg menggunakan sistem komputerisasi utk rekam medisx alx sy mau study banding…..tks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s