Sistem Informasiku Mulai Menggeliat

Posted: Februari 13, 2009 by Admin Blog in SIKDA

Tulisan ini sebenarnya sudah kedalu warsa apabila dibaca, tetapi…tidak ada salahnya saya untuk mencoba menuangkannya dalam blog ini. Ya…, saya teringat terus dengan semboyan di websitenya Ilmu Komputer,yaitu “Ikatlah Ilmu dengan tulisan”. Untuk awal tulisan ini mungkin terlihat jelas kalau asalnya dari orang gunung. Tapi..tak apalah yang penting mau mencobanya.
Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan sangat terasa manfaatnya bagi Puskesmas (ku) yang sudah lama tidak tersentuh oleh yang namanya rehabilitasi gedung dan pemenuhan prasarana lainnya. Tetapi dengan hadirnya DAK, Puskesmas mulai merasakan sentuhan yang namanya tersebut di atas. Terlebih lagi pada tahun 2006 Kabupaten Wonosobo mendapat suatu berkah yang luar biasa, karena DAK pada tahun 2006 lain dari pada yang lain. DAK yang biasanya hanya sekitar 5 Milyar melonjak sangat tinggi menjadi 22 Milyar. Sehingga orang Dieng bisa celoteh “apa sing ora bisa dituku saiki bisa”. Berkah DAK ini juga membangkitkan semangat para pengelola data dan informasi untuk ikut menikmatinya, yaitu mengembangkan sistem informasi berbasis kompuer (IT).
Awalnya juga ragu-ragu, karena di Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo belum ada tenaga yang mumpuni tentag Informasi dan teknologi. Tetapi, karena pada saat itu kepala Dinas Kesehatan saat itu (dr. Sudarni) mempunyai putera alumnus ITB dan Universitas di Jerman dengan keahliannya di bidang IT diminta untuk menyusun rencana kegiatan. Alhasil, terbangunlah sebuah jaringan induk Kabupaten Wonosobo, yang sudah mencakup 19 Puskesmas dan 14 kecamatan. Hasil kerja yang menurut saya “Luar Biasa”, karena melihat geografis Wonosobo yang sebagaian besar pegunungan sudah bisa membangun sebuah jaringan online berbasis WAN. Pada saat itu selain jaringan Puskesmas juga dimanjakan dengan 2 buah komputer baru beserta jaringan LAN-nya, serta software Windows original dan yang tak kalah pentingnya adalah aplikasi untuk entri data pasien rawat jalan atau yang lebih populer saat ini SI(M)PUS.
Untuk sementara ini lintas sektor yang sudah ikut menikmati manfaat jaringan tersebut adalah Bapeda, Catatan Sipil dan 3 buah SMP. Untuk yang lain semoga dapat menyusul……(bersambung)

Komentar
  1. Andi Herman mengatakan:

    Ojo disambung2 to Pak!!!
    Jadi “Pnasaran” e…

    Ini to asalmula Si(M)pus Wonosobo!!!
    Ad Master Plan Pengembanganx g saat itu Pak,
    Atau Spontanitas…
    Huhuiiiiiiii….

  2. basilius mengatakan:

    Langkah awal yang indah, karena dapat “durian runtuh”. Tapi kalo bisa Mas ceritakan perjuangan untuk “menghidupinya” dan menjaga eksistensinya karena akan sangat bermanfaat bagi daerah yang masih ketiduran (seperti daerahku). Jangan ceritakan bagaimana mendapatkan durian runtuh.

  3. wajiran mengatakan:

    untuk mas andi, master plan sampai sekarang baru disusun di Bapeda karena dijadikan satu dengan master plan pembangunan informasi kabupaten. dan mohon maaf kesempatan menulisnya belum full, ya…juga biar ada variasi to…

  4. wajiran mengatakan:

    mas basilius, tepat sekali kalo tanya seperti itu, karena setiap yang ke tempatku mesti tanya juga. Insya allah dalam waktu dekat tak sambung dengan tulisanku yang awal

  5. jojok mengatakan:

    ditunggu sambungannya pak..🙂
    menggeliat itu mulet toh hehe…

  6. jir_he mengatakan:

    ya…selain mulet juga walaupun tidak secepat punya mas jojok, ya…jalanlah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s