ANALISIS PARTISIPATIF STAKEHOLDER DALAM PENGEMBANGAN BILLING SYSTEM RUMAH SAKIT XXX MILIK PEMERINTAH

Posted: Februari 19, 2009 by Admin Blog in Anak Simkes Angkatan 2008

Billing system merupakan salah satu modul dari system informasi rumah sakit yang mengelola informasi keuangan meliputi informasi pemasukan dan pengeluaran. Informasi ini sangat penting bagi pihak manajemen untuk menentukan kebijakan terkait operasional rumah sakit dan juga berpengaruh terhadap pengembangan rumah sakit.

Informasi keuangan harus dikelola dengan baik agar bermanfaat bagi pengambilan keputusan. Perlu sebuah system informasi yang memudahkan pencatatan seluruh aktivitas keuangan oleh bagian keuangan dan monitoring keuangan oleh pihak manajemen. Namun kompleksnya aktivitas keuangan seringkali menyebabkan kesalahan dalam proses pencatatan serta pelaporan, dampaknya informasi keuangan kurang bermanfaat bagi pengambilan keputusan. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dikembangkan sebuah system yang mempermudah semua pihak yang terlibat mencatat dan memantau aktivitas keuangan.

Pengembangan billing sytem dilakukan melalui beberapa tahap yaitu :

1. Analisis Situasi

2. Perencanaan Proyek

3. Rencana Kerja dan Anggaran

Analisa situasi merupakan tahap awal dari rencana pengembangan billing system rumah sakit. Tahap awal ini terdiri dari analisis partisipan/stakeholder, analisis masalah dan analisis tujuan. Tulisan ini kami hanya akan membahas analisis keterlibatan partisipan/stakeholder dalam sebuah contoh proyek pengembangan billing system di suatu rumah sakit pusat milik pemerintah.

Analisis partisipan/stakeholder merupakan tahap identifikasi keterlibatan partisipan/stakeholder dengan berbagai kepentingannya. Analisis ini perlu dilakukan untuk mengelola potensi konflik yang diperkirakan akan menghambat pengembangan billing system. Belajar dari pengalaman berbagai proyek pengembangan system informasi, ternyata unsur people adalah unsur yang paling dominan dari dua unsur lainnya yaitu information technology/IT dan business process. Sistem yang sangat baik yang disusun berdasarkan proses aktivitas organisasi dan didukung dengan teknologi informasi yang bagus akan sia-sia pada saat orang-orang yang terlibat tidak mau menggunakan system baru tersebut.

Dengan kata lain, analisis partisipan/stakeholder merupakan proses pengumpulan data secara sistematis dan analisis informasi kualitatif untuk menentukan kepentingan-kepentingan yang perlu dipertimbangkan saat pengembangan atau implementasi program sehingga analisis ini dapat digunakan untuk mengelola dampak sosial dan distributif proyek, program atau kebijakan dan mengantisipasi konflik kepentingan. Analisis meliputi tiga tahap yaitu :

1. Inventarisasi stakeholder

2. Kajian pengaruh dan kepentingan

3. Identifikasi partisipasi

Sesuai dengan tahap analisis partisipan/stakeholder di atas maka dalam pengembangan billing system rumah sakit ini kami mengidentifikasi partisipan/stakeholder sebagai berikut :

Tabel 1. Inventarisasi Partisipan/Stakeholder

Ada 6 partisipan/stakeholder yang terlibat dalam pengembangan billing system yaitu direktur, pimpinan proyek, user (bagian keuangan), EDP (unit pengolah data elektronik), departemen kesehatan dan pasien. Direktur adalah pimpinan rumah sakit yang bertanggung jawab terhadap depkes sehingga keberhasilannya dalam mengelola keuangan merupakan kepentingan politis yang membuktikan kinerjanya di hadapan atasan sehingga pengembangan billing system sangat berpengaruh terhadap jabatan direktur. Begitu pula bagi pimpinan proyek, ada 3 aspek penting yang menjadi kepentingannya yaitu menggunakan biaya secara efisien, waktu penyelesaian yang tepat jadwal dan produk yang dihasilkannya bermanfaat. Selanjutnya kepentingan dan pengaruh dari pengembangan billing system ini dapat dilihat pada table 1 di atas.

Tahap selanjutnya adalah menganalisis pengaruh dan kepentingan dari para partisipan/stakeholder tersebut. Posisi yang sangat berkepentingan dan berpengaruh dalam pengembangan billing system ini adalah direktur, depkes dan EDP. Depkes adalah lembaga yang menyetujui dan mengesahkan anggaran proyek ini (sumber dana) sehingga posisinya sangat berpengaruh. Sementara user (bagian keuangan) dalam sudut pandang kami, walaupun mempunyai kepentingan yang tinggi karena mempermudah aktivitas kerjanya tetapi pengaruhnya kecil dalam pengambilan keputusan dalam proyek ini, pengaruh user akan membesar pada aspek pemanfaatan proyek ini. Selengkapnya posisi masing-masing partisipan/stakeholder dalam proyek ini dapat dilihat pada table 2.

Tabel 2. Kajian Pengaruh dan Kepentingan

Tahap ke tiga adalah mengidentifikasi partisipasi partisipan/stakeholder. Berdasarkan table 3 di bawah ini, keterlibatan para partisipan/stakeholder dapat terjadi pada tahap identifikasi, perencanaan, implementasi dan monitoring serta evaluasi. Wujud partisipasi dapat berupa kegiatan informasi, konsultasi, kemitraan dan kontrol.

Tabel 3. Identifikasi Partisipasi

Setelah melalui ke tiga tahap analisis di atas maka kami mengidentifikasi beberapa area kompromi yaitu :

1. Waktu pelaksanaan proyek

2. Kualitas

3. Pembiayaan proyek

4. Tahapan pelaksanaan, meliputi identifikasi , perencanaan, implementasi dan monitoring & evaluasi

5. Pembagian tugas

6. Kontrak

Seluruh area tersebut di atas merupakan area kompromi antara direktur, pimpinan proyek dan provider dengan memperhatikan masukan dari partisipan/stakeholder lainnya. Perlu diperhatikan pada kontrak, sebaiknya memuat kesepakatan antara pimpinan proyek dengan provider, spesifikasi sistem informasi , waktu pelaksanaan proyek, biaya , pemeliharaan dan pelatihan. Pengembangan spesifikasi pun perlu dipertimbangkan dalam kesepakatan kontrak agar billing system dapat menjawab perkembangan kompleksitas aktivitas keuangan.

Disusun oleh : Arif WR, Edi K, Suharyanto dan Suryo MN (Kelas Non Reguler).

Komentar
  1. Baka Kelana mengatakan:

    Analisis nya bagus banget…sangat bermamfaat bagi sobat2 Mahasiswa

  2. Baka Kelana mengatakan:

    Makin banyak konsultasi makin nambah sahabat dan ilmu Tgk….iya ya kayak mau ke dokter

    udach gabung di http://www.blogcatalog.com/group/blogger-aceh

    biar tambah rame blogger Aceh

  3. simkesugm2008 mengatakan:

    Ok teungku, nanti saya akan berkunjung juga ke http://acehblogger.org/

    Sudah lama sekali saya gak jalan2 kesana????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s