Sistem informasiku mulai menggeliat (2)

Posted: Februari 27, 2009 by jirhe in SIKDA

Tahun 2006 pembangunan infrasruktur sudah selesai dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak Mardiyanto (sekarang mendagri), dengan mencoba telleconference sederhana dengan dokter Puskesmas Sukoharjo 2.

Setelah itu,  keberlangsungannya masih belum optimal karena penanggung jawab sistem informasi di Dinas Kesehatan masih menginduk di Subag Perencanaan dan ternyata personal yang menangani juga belum banyak yang “ngeh”, sehingga personal yang sudah “ngeh” tersebut harus pontang panting memanage infrastruktur jaringan dan sekaligus softwarenya, walaupun pemeliharaan jaringan selama 1,8 bulan masih menjadi tanggung jawab pihak ketiga dan pemeliharaan software selama 5 tahun, tetapi ya..yang namanya kalau sudah “ngeh” dan juga pingin tahunya besar sekali personal yang “ngeh” tadi termehek-mehk juga.

Hampir setiap hari keliling ke Puskesmas untuk mendampingi temen-temen untuk membuat “ngeh” juga. Jadi…sudah biasa pulang jam 8 malam, bahkan biasa juga jam 10 malam. Karena belum ada dana operasional, ya…. gaji yang seharusnya untuk keluarga di infaqkan untuk kegiatan tersebut. (sepertinya dermawan juga ya…). Pada saat pendapingan apabila menemui kesulitan, karena pihak ketiga jauh biasanya dengan telepon (untung pakai halo…, pulsa nyambung terus) dan sudah biasa juga sambil naik tower telepon juga.

dr. Azsri Budi Krisnamurti (Kadinkes) pada saat itu, sering memberi sebutan personal yang “ngeh” tersebut “gila” seperti dr. Pujo dari Ngawi bilang pada saat seminar Sosioteknis beberapa waktu yang lalu. Mungkin juga dibutuhkan personal yang punya rasa “keterpaksaan” dan selanjutnya “keikhlasan”, yang bisa membantu keberlangsungan menggeliatnya sebuah sistem infromasi agar mampu merangkak, duduk, berdiri kokoh dan berjalan. (bersambung)

Komentar
  1. Raharjo mengatakan:

    Tokoh persimpusan dari lereng Dieng…🙂
    ditunggu jurus-jurus berikutnya pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s