Memilih SIM Rumah Sakit

Posted: Juni 4, 2009 by Admin Blog in Anak Simkes Angkatan 2008

Memilih Sebuah Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk diterapkan baik itu di Puskesmas, Rumah Sakit ataupun di mana saja, ibarat kita memilih atau mencari sebuah pasangan hidup. Hal ini dikarenakan SIM yang kita pilih dan kita pakai akan menjadi sahabat dan pembantu kita dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem informasi.

Banyak vendor (jasa pihak ketiga) yang sudah menawarkan berbagai model SIM untuk Rumah Sakit, ada yang sederhana sampai yang komplit sekali, bahkan karena komplitnya ada menu-menu yang kadang tidak dibutuhkan oleh pihak pengguna (RS), kemudian dari yang harga murah sampai dengan yang harganya ratusan juta. Sehingga mungkin kita sebagai konsumen (pengguna) akan kebingungan, mana yang baik dan cocok buat Rumah Sakit tempat kita bekerja. Memang semuanya tergantung kemampuan kita terutama yang berhubungan dengan anggaran. Kalau bisa SIM yang kita pakai adalah yang murah dan sesuai dengan kebutuhan kita dalam mengelola sebuah sistem informasi.

Untuk itu kami mencoba menyusun fitur atau menu-menu yang wa jib ada pada sebuah SIM, yang bisa digunakan sebagai referensi bagi Rumah Sakit yang akan membeli dan menggunakan SIM. Menu-menu yang akan kami tulis di sini diambil dari beberapa sumber yang menawarkan SIM Rumah Sakit. Selengkapnya menu-menu tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Menu Pendaftaran Pasien, yang terdiri dari : Informasi produk dan layanan, Manajemen Pendaftaran Pasien Rawat Jalan, Manajemen Admisi Rawat Inap, Laporan Kunjungan Pasien.
  2. Pelayanan Rekam Medis, yang terdiri dari : Data base pasien, Pencatatan dan Info Register Penomoran, Info Sensus harian, Info Register, Pengolahan Statistik, Laporan Kinerja Rumah Sakit, Pengkodean, Master ICD-10.
  3. Menu Billing system, yang terdiri dari : Info Tagihan, Transaksi Pembayaran, Laporan Kas Harian Kasir,  Info Insentif Petugas Medik.
  4. Menu Pelayanan Rawat Jalan, yang terdiri dari : Info antrian pasien rawat jalan, Info riwayat medis pasien, Info dan Pencatatan diagnosis, Info dann Pencatatan tindakan oleh petugas medis, Info dan Pencatatan pasien yang memerlukan rawat inap, Info dan Pencatatan info pemeriksaan penunjang, Info dan Pencatatan rujukan/konsultasi, info diagnosis, Info pemakaian obat dan alat kesehatan di Poliklinik, Info permintaan logistik, Info unit pelayanan, Info ruang (Poli umum, poli bedah umum, poli obsgyn, poli penyakit dalam, poli mata, poli THT, poli anak, poli kulit dan kelamin, poli kesehatan jiwa, poli syaraf, poli gigi dan mulut, poli jantung, poli paru-paru, poli bedah syaraf, poli ortopedi).
  5. Menu Pelayanan IGD, yang terdiri dari : Info pasien masuk, Info riwayat medis pasien, Info dan pencatatan diagnosis pasien, Info dan pencatanan tindakan petugas medis, Info dan Pencatatan pasien yang memerlukan rawat inap, Info dan Pencatatan info pemeriksaan penunjang, Info dan Pencatatan rujukan/konsultasi, info diagnosis, Info pemakaian obat dan alat kesehatan di Poliklinik, Info permintaan logistik dan Info ruang rawat inap.
  6. Menu Pelayanan Rawat Inap, yang terdiri dari : Info pasien masuk, Info dokter yang merawat, info riwayat medis pasien, pencatatan progres note medis, info dan pencatatan tindakan medis, pencatatan daa penerimaan info pemeriksaan penunjang, info dan pencatatan discharge, info asal pasien, pasien pindah kelas/ruangan, Info pemakaian obat dan alat kesehatan di ranap, info unit pelayanan, info permintaan logistik, info ruang ranap.
  7. Menu Pelayanan Laboratorium, yang terdiri dari : Info pasien yang mendaftar, info jenis pemeriksaan, pencatatan hasil pemeriksaan, laporan hasil pemeriksaan, laporan pendapatan, laporan stok logistik, laporan dokter pemeriksa, info rujukan pemeriksaan laboratorium.
  8. Menu Pelayanan Farmasi, yang terdiri dari : Transaksi rawat jalan dan  rawat inap, transaki obat resep luar, transaksi obat karyawan, inventori, resep yang keluar per item obat, manajemen obat kedaluwarsa, pemesanan obat, pengaturan stok, distribusi obat, laporan penerimaan dan pengeluaran obat.
  9. Menu Pelayanan Radiologi, yang terdiri dari : Info pasien yang telah mendaftar, info jenis pemeriksaan (dari dokter), laporan dan pencetakan hasil pemeriksaan, laporan pendapatan, laporan stok logistik, laporan dokter pemeriksa, info rujukan pemeriksaan radiologi.
  10. Menu Pelayanan Gizi, yang terdiri dari : Info pasien yang telah masuk ruangan (bangsal), info  menu makanan pasien (jenis diet dan tarif kelas), laporan data konsumsi karyawan, laporan data pembelian bahan makanan dan keperluan dapur, info jadwal dan data konsultasi gizi.
  11. Menu Pelayanan Rehabilitasi Medis, yang terdiri dari : Info pasien, info jenis rehabilitasi medis yang dibutuhkan pasien, info jenis pelayanan medis dan tarif, pencatatan pelayanan rehabilitasi yang diberikan, info dan pencatatan hasil pelayanan rehabilitasi medis, info dan pencatatan biaya pelayanan rehabilitasi medik.
  12. Menu Pelayanan Bedah Sentral, yang terdiri dari : info pasien, info riwayat kesehatan pasien, pencatatan dan laporan tim bedah, info dan pencatatan kegiatan operasi/persalinan, info dan pencatatan pemakaian obat dan alkes di ruang operasi, info dan pencatatan pengiriman/pengembalian hasil pemeriksaan (lab, radiologi, fisioterapi, donor darah), info dan pencatatan permintaan logistik, info dan pencatatan penggunaan logistik.
  13. Menu Pelayanan Medical Check Up, yang terdiri dari : Info pasien, info paket MCU, info dan pencatatan cara bayar dan data pembayar (perusahaan), info dan pencatatan pemeriksaan penunjang, pencatatan pendapatan.
  14. Menu Pelayanan ICU/NICU/PICU (perawatan intensif), yang meliputi : Info pasien, Info riwayat medis pasien, Info dan Pencatatan kegiatan perawatan intensif ( ICU/NICU/PICU), Info dan Pencatatan pemakaian obat dan alkes,  Info dan Pencatatan pengiriman/pengembalian hasil pemeriksaan penunjang, Pencatatan asal pasien, pindah kelas/ruang, Pencatatan permintaan logistik ICU, Info pengiriman/pengembalian hasil pemeriksaan penunjang, Info asal pasien, Info persediaan/permintaan logistik ICU.
  15. Menu Pemeliharaan dan manajemen aset, yang meliputi : Info daftar aset rumah sakit, Pencatatan perhitungan penyusutan aset, Info pemeliharaan aset.
  16. Menu Logistik (obat/alkes/umum), yang meliputi : Info persediaan dan permintaan tiap pelayanan/unit, Info jumlah permintaan per item / per unit, Info harga pokok / harga jual, Inventaris barang (alkes/non medis), Pencatatan penerimaan dan penghapusan, Info penerimaan dan penghapusan, Info distribusi per ruang/unit, Pencatatan permintaan barang, Pencetakan tanda permintaan/penerimaan.
  17. Menu Pelayanan Keperawatan, yang meliputi : Info pasien, Info statistik (BOR, LOS, dsb), Info jadwal dinas perawat, Info kegiatan perawat per bulan.
  18. Menu Sistem Keuangan, yang meliputi : Penyusunan anggaran, Laporan realisasi anggaran, Info Hutang – Piutang, Info cashflow.
  19. Menu Kepegawaian, yang meliputi : Data pegawai, Absensi, Laporan kepegawaian, Info kinerja pegawai.
  20. Menu Pelayanan Penunjang Oncology, yang meliputi : kemoterapi, radioterapi.
  21. Menu Pelayanan Penunjang Fisioterapi, yang meliputi : Info pasien, Info jenis terapi (dari dokter), Mencatat hasil/progres terapi, Pencetakan hasil terapi, Info dan Laporan data kegiatan terapi, Laporan pendapatan, , Laporan dokter yang merawat, Info rujukan terapi.
  22. Menu Pelayanan CT Scan, yang meliputi : Info pasien, Info jenis pemeriksaan (dari dokter), Info dna pencatatan hasil pemeriksaan, Pencetakan hasil pemeriksaan, Laporan data kegiatan pemeriksaan, Laporan pendapatan, Laporan dokter yang merawat, Info rujukan pemeriksaan.
  23. Menu Pelayanan MRI, yang meliputi : Info pasien, Info jenis pemeriksaan (dari dokter), Laporan hasil pemeriksaan, Pencetakan hasil pemeriksaan, Laporan data kegiatan pemeriksaan, Laporan pendapatan, Laporan dokter yang merawat, Info rujukan pemeriksaan.
  24. Menu Info rujukan pemeriksaan, yang meliputi : Info pasien, Info jenis tindakan (dari dokter), Laporan  hasil tindakan, Pencetakan hasil tindakan, Laporan data kegiatan tindakan, Laporan pendapatan, Laporan dokter yang merawat, Info rujukan tindakan.
  25. Menu Administrator & User Manager, yang meliputi : Info aplikasi, Manajemen user dan scurity.
  26. Menu Informasi online, yang meliputi : Info pelayanan, info dokter jaga, info konsultasi.

Menu-menu di atas merupakan menu yang optimal untuk rumah sakit type B dan A, sedangkan untuk rumah sakit type D dan C menyesuaikan dengan pelayanan rujukan yang ada.

Komentar
  1. apip mengatakan:

    menu layanan untuk C AR ad gak ya…?

  2. Amus.dr mengatakan:

    Usul penambahan menu registrasi online khusus untuk rawat inap dan menu tagihan/verifikasi untuk pihak penjamin terutama yang mempunyai aplikasi sendiri serta menu yang dapat diakses oleh peserta untuk bisa melihat biaya dalam perawatan yang harus disiapkan agar aplikasi sistem informasi rumah sakit mempunyai nilai tambah tersendiri..

  3. Sapto mengatakan:

    Sistem informasi manajemen RS open source berbasis web untuk masa mendatang lebih dibutuhkan karena dapat diakses oleh penggunanya tanpa harus duduk didepan pc dekstop atau laptop, tetapi cukup dengan pocket pc bahkan smartphone terutama bagi para dokter yang melakukan entry data medis pasien rawat inap pada modul rekam medis langsung dari ruang rawat inap. Kami saat ini sedang mempertimbangkan hal tersebut.

  4. tutik mengatakan:

    mungkin pengetahuan pengembang tentang keperawatan, sehingga sangat minim sim untuk keperawatan, dimana keperawatan 24 jam merawat pasien. Kami sendiri sudah mengembangkan SIM keperawatan. mau kolaborasi?

  5. Fahrisal Akbar mengatakan:

    Mbak Tutik : Boleh2, nanti akan kami rembukkan dulu dengan para pasukan ya….😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s